Hari Ini, Tandai 1 Tahun Pembunuhan Nizar Banat

Hari ini menandai peringatan pertama pembunuhan aktivis Nizar Banat. Nizar adalah seorang kritikus anti-PA yang dibunuh oleh pasukan keamanan Otoritas Palestina pada 24 Juni 2021 di kota Hebron, Tepi Barat yang diduduki.

Seperti diketahui, pembunuhan aktivis Nizar Banat oleh pasukan Otoritas Palestina Kamis pagi (24/6/2021) silam, disambut kemarahan di jalan-jalan dan kecaman dari faksi-faksi Palestina dan organisasi hak asasi manusia.

Dalam sebuah pernyataan, Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) meminta Otoritas Palestina bertanggung jawab atas kematian Banat.

Hamas dan Organisasi HAM Kutuk Otoritas Palestina atas Pembunuhan Nizar Banat

Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina mengatakan tidak dapat diterima bahwa Otoritas Palestina terus menangkap aktivis Palestina sementara pada saat yang sama “tidak berani menangkap pemukim Israel dan kekerasan serta serangan mereka terhadap warga Palestina”.

Seorang pejabat gerakan Inisiatif Nasional Palestina (PNI) di Jalur Gaza, Ayed Yaghi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa PNI mengutuk “penangkapan aktivis dan calon Dewan Legislatif, Nizar Banat, yang menyebabkan kematiannya”.

Saat itu Yaghi menyerukan pembentukan komite investigasi independen dari luar Otoritas Palestina, yang terdiri dari orang-orang yang dikenal karena independensi dan integritasnya untuk melakukan penyelidikan komprehensif atas apa yang terjadi dan untuk memastikan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas kematian Banat segera dihukum. [SHR]

Berbagi artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.