PM Baru Inggris Rishi Sunak Ternyata Sahabat Israel

Sama halnya dengan Liz Truss, yang mengklaim dirinya sebagai sahabat dekat Israel, ternyata Perdana Menteri Inggris yang baru, Rishi Sunak juga telah menyatakan dukungannya untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Rishi Sunak, yang menjadi Perdana Menteri baru Inggris yang baru setelah menjadi pemimpin partai Konservatif pada hari Senin, dianggap sebagai pendukung kuat Israel dan teman komunitas Yahudi Inggris.

Pada acara Conservative Friends of Israel pada bulan Agustus, Sunak menyatakan Yerusalem adalah “Ibu Kota bersejarah Israel yang tak terbantahkan” dan bahwa ada “alasan yang sangat kuat” untuk memindahkan Kedubes Inggris dari lokasinya saat ini di Tel Aviv. “Itu sesuatu yang ingin saya lakukan,” katanya.

Selain itu, ia juga telah bersumpah untuk membuat undang-undang menentang BDS, sebuah gerakan aktivisme dan kampanye global untuk memboikot produk-produk Israel.

Bisnis keluarga Rishi Sunak, Infosys, diketahui juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan rezim Israel. Di perusahaan Infosys, istrinya diyakini masih memiliki saham senilai sekitar £700 juta. [SHR]

Berbagi artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *