Israel Cemaskan Serangan Siber di Hari Quds

Menjelang peringatan Hari Quds Internasional pada Jumat terakhir bulan suci Ramadan, Direktorat Internet Israel mengeluarkan peringatan kemungkinan serangan dunia maya terhadap situs dan infrastruktur Israel pada hari ini.

Direktorat tersebut mengindikasikan bahwa ekspektasi serangan siber tahun ini datang mengingat meningkatnya ketegangan baru-baru ini di Palestina, terutama di Masjid Al Aqsa, berupa serangan biadab oleh pasukan pendudukan terhadap warga Palestina yang tengah menjalani ibadah pada bulan suci Ramadan. 

Peringatan Israel tentang kemungkinan serangan dunia maya ini tidak muncul begitu saja. Sekitar 300 situs sebelumnya telah diretas dengan tampilan klip video yang menunjukkan sejumlah permukiman Israel yang terbakar, dan video tersebut mengancam pendudukan Israel dengan kematian, bertepatan dengan Hari Quds Internasional.

Namun, peringatan ini juga mengungkapkan keprihatinan Israel yang jelas tentang serangan dunia maya yang mungkin diluncurkan, terutama karena tingkat serangan dunia maya terhadap pendudukan Israel telah meningkat secara signifikan dalam dua tahun terakhir, dan serangan ini telah menjadi ancaman nyata bagi keamanan dunia maya di “Israel”, seperti yang diakui orang Israel sendiri.

Pada saat tingkat serangan siber meningkat sekitar 50% secara global dari tahun 2020 hingga 2021, tingkatnya meningkat sebesar 92% terhadap pendudukan Israel, menurut apa yang diungkapkan oleh Jerusalem Post.

Sejak awal tahun ini, operasi siber khusus telah diluncurkan terhadap pendudukan, yang menunjukkan kegagalan dan kelemahan Israel dalam mengimunisasi situs dan infrastruktur dari serangan semacam itu, menurut perkiraan media dan keamanan Israel.

Serangan siber baru-baru ini menargetkan tidak hanya situs dan infrastruktur rezim, tetapi juga tokoh terkemuka dalam lingkar dalam keamanan Israel, Kepala Mossad David Barnea. Antara 16 dan 17 Maret, media Israel melaporkan infiltrasi kelompok peretas, yang mengaku sebagai “Tangan Terbuka”, menunjukkan Barne dan istrinya seolah menelepon, dan memposting foto dan detail pribadi tentang dia, keluarganya, dan tempat tinggalnya. [SHR]

Berbagi artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.