Usai Coret Rusia dari Piala Dunia, FIFA Didesak Segera Hukum Israel Penjajah Palestina

Kecaman atas standar ganda FIFA terkait hukuman untuk Rusia menjadi bahan meme bernada kritis yang ramai dan viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir.
Selain dijadikan meme, langkah pilih kasih FIFA tersebut juga dikecam legenda Timnas Mesir, Mohamed Aboutrika. Dia mendesak FIFA untuk segera menghukum Israel setelah Rusia dicoret dari Piala Dunia 2022 dengan alasan karena melakukan invasi ke Ukraina.
Desakan itu diungkap Aboutrika melalui akun Twitter resmi miliknya. Mantan penyerang Al Ahly itu menganggap FIFA menggunakan standar ganda dalam menghukum Rusia.
“Keputusan untuk menghukum klub dan tim Rusia dari semua kompetisi harus disertai dengan hukuman terhadap mereka yang berafiliasi dengan Israel,” ujar Aboutrika dikutip dari Record.
“Israel adalah negara yang telah membunuh anak-anak dan wanita di Palestina selama bertahun-tahun. Mereka [FIFA] menggunakan standar ganda,” sambung Aboutrika.
Rusia mendapat hukuman berat dari FIFA dan UEFA menyusul invasi ke Ukraina. Seluruh tim sepak bola Rusia pria dan wanita, termasuk klub, dilarang tampil pada semua kompetisi FIFA dan UEFA.
Kondisi itu membuat Timnas Rusia dicoret dari FIFA. Padahal tim besutan Valery Karpin itu masih berpeluang besar lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar melalui jalur playoff melawan Polandia.
Desakan agar Israel juga dihukum FIFA tidak hanya datang dari Aboutrika. Tidak lama setelah FIFA mengeluarkan hukuman untuk Rusia, otoritas sepak bola internasional yang dipimpin Gianni Infantino itu didesak netizen di seluruh dunia agar segera memberi hukuman serupa terhadap rezim apartheid Israel yang hingga kini masih menjajah Palestina. []
Berbagi artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.