Israel Paksa Warga Palestina Hancurkan Rumah Sendiri

 

Israel memaksa sebuah keluarga Palestina untuk merobohkan rumahnya sendiri di wilayah pendudukan, Yerusalem Timur, Rabu, 19 Januari 2022. Paksaan itu tertuang dalam surat perintah yang disertai ancaman dari otoritas setempat.

Media setempat Wafa melaporkan, salah satu anggota keluarga,  Faisal Jabari, akhirnya menghancurkan rumahnya sendiri yang luasnya 70 meter persegi.  Dengan perlatan seadanya, ia merobohkan dinding-dinding dan tiang hunian yang dibangun pada 2016 itu dan dihuni 8 anggota keluarga.

Faisal terpaksa melakukannya setelah menerima surat perintah perobohan dari otoritas Israel wilayah setempat. Tel Aviv berdalih bangunan berlokasi di Wadi Al-Joz itu tak berizin. Dalam surat, otoritas memberikan batas waktu sampai 25 Januari untuk melaksanakan perintah.

Jika keluarga Faisal menolak, otoritas bakal mengirimkan buldoser untuk meratakan rumahnya. Tak hanya itu, keluarga ini juga terkena denda lebih dari 20 ribu dolar. Ini belum termasuk biaya untuk menggandeng pengacara jika Faisal ingin melawan perobahan.

Menurut Wafa, Tel Aviv melakukan cara ini untuk menghemat anggaran.  Israel menghindari merobohkan dengan tenaga dan peralatan sendiri karena membutuhkan banyak biaya.

Berbagi artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.