Bintang Hollywood Dukung Emma Watson Terkait Palestina

Lebih dari 40 aktor, termasuk bintang Hollywood Mark Ruffalo dan Susan Sarandon, mendukung sikap salah satu pemeran utama film Harry Potter, Emma Watson, terkait Palestina. Dukungan mengalir menyusul unggahan Watson di Instagram yang dikecam sejumlah pejabat Israel.  

Dukungan dituangkan dalam sebuah risalah yang dibuat oleh lembaga jejaring kebudayaan, Artist for Palestine UK. Surat itu menyuarakan dukungan bersama untuk hak-hak Palestina. 

“Kami mendukung pernyataan sederhana Emma Watson ‘solidarty is a verb‘, solidaritas yang berarti untuk warga Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya berdasarkan hukum internasional,” demikian kutipan dalam risalah.

Mengutip laporan Human Right Watch pada akhir tahun 2021, teks dukungan menyebut terjadi ketidakseimbangan kekuasaan antara rezim Israel dan warga Palestina. Sehingga masyarakat Palestina tertindas dengan pendudukan militer dan sistem aphartaid.

Risalah juga merujuk pada pengusiran warga Palestina dari rumah-rumah mereka di Yerusalem Timur, yaitu di area Syekh Jarrah dan Silwan. Aksi pengusiran ini menjadi sorotan media pada Mei silam.

Tandatangan dukungan juga dibubuhkan oleh produser tenar James Schamus dan sutradara Ken Loach.

Pekan lalu, Watson mengunggah sebuah gambar di Instagram yang kemudian menjadi buah bibir. Gambar itu menunjukkan dukungan terhadap Palestina dengan kalimat “Solidarity is a verb”.

Akibat unggahan itu, ia menerima kecaman dari para pejabat Israel. Duta Besar Israel di PBB Gilad Erdan, misalnya, mengkritik dengan mengatakan, “Fiksi bisa terjadi di dalam (cerita) Harry Potter tapi tidak bisa terjadi dalam realitas.”

Nama Watson, 31 tahun, bertengger dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia pada 2015 versi Majalah Time. Sikapnya terhadap sejumlah kasus, termasuk isu kesetaraan gender, dianggap memiliki pengaruh luas. Setahun sebelumnya, alumni Universitas Brown ini ditunjuk sebagai Duta Persahabatan untuk Perempuan di PBB.[]


MEE

Berbagi artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.