Seni Sulam Palestina Masuk Warisan Budaya UNESCO

 

UNESCO resmi memasukkan seni sulam tradisional masyarakat Palestina, Tatrezz, dalam daftar warisan budaya takbenda (ICH), Rabu, 15 Desember 2021. Pengumuman ini disampaikan dalam pertemuan Komite UNESCO ke-16 di Paris, Perancis.

Masuknya Tatreez dalam warisan UNESCO, kata Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh, membantu melindungi identitas masyarakat Palestina. Apalagi penjajah Israel  telah berupaya mempromosikan Tatreez sebagai bagian dari budayanya. Palestina, menurut Shtayyeh, menghadapi rezim penjajah yang berupaya merampok apa yang mereka tidak miliki.

Tradisi Tatreez yang dimasukkan dalam ICH meliputi praktek, keterampilan, pengetahuan dan ritus.  Keterampilan ini dimiliki banyak wanita Palestina karena mereka mempelajarinya sejak kecil.

Walau berasal dari desa-desa, namun kini telah menjadi tradisi umum termasuk bagi diaspora Palestina. Walhasil, tradisi ini dapat ditemukan di berbagai wilayah di Palestina. Biasanya mereka menyulam untuk menghiasi pakaian tradisional ‘Thobes’.

WAFA News Agency

Berbagi artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.